Bilangan Bulat, Matematika Kelas 6 SD

Daftar Isi

sdonline.idBilangan Bulat. Banyak hal di sekitar kita yang berhubungan dengan bilangan bulat. Seperti menuliskan ketinggian suatu tempat, suhu, dan keuntungan atau kerugian dalam berdagang. Ini semua berkaitan dengan bilangan bulat. Perhatikan contoh berikut ini. Ketinggian puncak Jayawijaya dan perubahan suhunya dapat ditulis menggunakan bilangan bulat. Kalian perlu memahami bilangan bulat dan operasinya dengan baik.

Bacalah dengan saksama Tentang Bilangan Bulat

Bacalah dengan saksama Tentang Bilangan Bulat

Puncak Jayawijaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini terletak di Provinsi Papua. Gunung ini merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa karena keindahannya. Di puncak gunung tersebut terdapat salju abadi. Suhu normal di ketinggian 0 m di atas permukaan laut (dpl) adalah 37′
C. Puncak Jayawijaya memiliki ketinggian 4.884 m dpl. Berdasarkan catatan
BMKG (Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika) pada tanggal 6 November 2017, suhu udara puncak Jayawijaya pada pagi hari adalah –80′ C, pada siang hingga sore hari –70′ C, dan pada malam hari –90′ C. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan suhu –80′ C? Temukan jawabannya pada pembahasan materi ini.

Skala Celsius adalah suatu skala suhu yang didesain supaya titik beku air berada pada 0 derajat dan titik didih pada 100 derajat di tekanan atmosfer standart. Skala ini mendapatkan namanya dari ahli astronomi Andrers Celsius (1701- 1744), yang pertama kali mengusulkannya pada tahun 1742.

Sumber: https:/id.m.wikipedia.

Tokoh dalam Bilangan Bulat

Bilangan bulat negatif pertama kali digunakan pada masa Dinasti Han. Bilangan tersebut ditulis pada
buku The Nine Chapter On The Mathematical Art sekitar tahun 202-220. Dalam buku tersebut terdapat tulisan yang berisi bilangan negatif. Caranya dengan menyusun dan menghitung batang merah yang mewakili bilangan positif serta batang hitam untuk bilangan negatif.
Warna merah untuk mewakili bilangan negatif dan warna hitam untuk bilangan positif. Pada abad ketiga Masehi, Diophantus juga telah menggunakan bilangan negatif.

Diophantus
Diophantus

Membaca dan Menulis Lambang Bilangan Bulat

Ada 5 tahapan yang harus kalian lakukan untuk memahami cara membaca dan menulis lambang bilangan bulat. Kelima langkah tersebut adalah mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan.

Tahukah Kalian ?

Puncak jaya adalah?
Kulkas atau lemari pendingin adalah ?

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Istilah thermometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti panas dan meter yang berarti untuk mengukur. Prinsip kerja termometer ada bermacam-macam, yang paling umum digunakan adalah termometer air
raksa.

arti termometer – sumber wikipedia.org

Bacalah dengan cermat!
Bilangan bulat terdiri atas 3 macam bilangan. Bilangan tersebut adalah bulat positif, bilangan nol, dan bilangan bulat negatif.

  1. Ubahlah setiap satuan pada gambar di atas menjadi
    bilangan bulat! Suhu pagi hari –8′, Suhu siang hingga sore hari –7′, dan
    Suhu malam hari –9′.
  2. Buatlah garis bilangan dengan ujung kiri dan ujung kanan diberi tanda panah. Letakkan 0 di tengah garis bilangan. Kemudian, bilangan bulat positif di sebelah kanan 0. Bilangan bulat negatif di sebelah kiri 0.

Garis bilangan adalah suatu gambar garis lurus yang setiap titiknya melambangkan suatu bilangan. Bilangan bulat ditunjukkan dengan lambang titik-titik tertentu yang berjarak sama di sepanjang garis ini.

Perhatikan garis bilangan berikut!

garis bilangan

Arti tanda panah di kedua ujung garis bilangan adalah sebagai berikut. Garis akan berlanjut untuk bilangan positif (ke kanan), juga bilangan negatif (ke kiri).

Lengkapilah garis bilangan dengan 1 di sebelah kanan 0, 2 di sebelah kanan 1, 3 di sebelah kanan 2, 4 di sebelah kanan 3 dan seterusnya.

Perhatikan gambar berikut!

Lengkapilah garis bilangan dengan lawan dari 1 yaitu –1 di sebelah kiri 0, –2 diletakkan 2 langkah di sebelah kiri 0, dan seterusnya.

Tergambarlah kedudukan bilangan-bilangan –7, –8, dan –9 sebagai berikut!

Bilangan bulat bernilai positif dinamakan bilangan asli. Gabungan bilangan nol dan bilangan asli dinamakan bilangan cacah. Bilangan asli terdiri atas 1, 2, 3, 4, … . Bilangan cacah terdiri atas 0, 1, 2, 3, 4, … .

SDONLINE.ID

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah image-239.png

Cara penulisan bilangan
bulat positif adalah

dengan
menambahkan tanda
“+” atau tanpa tanda
“+“.
Contoh: +150 dapat
ditulis 150 (tanpa tanda
“+”

Cermati cara membaca bilangan berikut.

  1. –9 dibaca negatif Sembilan.
  2. 64 dibaca enam puluh empat.
  3. –143 dibaca negatif seratus empat puluh tiga.
  4. 2.235 dibaca dua ribu dua ratus tiga puluh lima.
  5. –60.768 dibaca negatif enam puluh ribu tujuh ratus enam puluh delapan.

Gunakan bantuan garis bilangan. Tentukan bilangan bulat
yang lebih dari –4 dan kurang dari 6.

Jadi, bilangan bulat yang lebih dari –4 dan kurang dari 6
adalah bilangan bulat di antara –4 dan 6.
Bilangan tersebut adalah
–3, –2, –1, 0, 1, 2, 3, 4, dan 5.

Gunakan bantuan garis bilangan. Tentukan bilangan bulat
yang terletak 3 satuan sebelum 2.
Penyelesaian

Jadi, bilangan bulat 3 satuan sebelum 2 adalah -1

0

Materi Terkait


Tinggalkan komentar