Kunci Jawaban Bacaan Fabel Ikan dan Burung

Daftar Isi

Sdonline.id – Hai sobat sdonline, Kalian masih rajin belajar bukan? Sudah tugas kita sebagai seorang pelajar untuk rajin belajar agar lebih pintar. Apakah Kalian masih ingat, kemarin kita telah mempelajari materi tentang Dongeng Fabel Sang Kancil dan Cicak Badung. Nah, Pada Pembelajaran kali ini, kita akan belajar mengenai Bacaan Fabel Ikan dan Burung. Materi ini dapat kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1. Apa yang akan kita pelajari ya? Yuk Kita simak bersama

Siti adalah siswa kelas 2 SDN Nusantara 01. Siswasiswi kelas 2 hidup rukun. Mereka setiap hari belajar di sekolah bersama. Teman Siti di sekolah berasal dari berbagai daerah. Teman Siti berasal dari beragam suku. Mereka juga menganut beragam agama. Mereka belajar dengan giat dan rukun. Siswa kelas 2 dapat hidup bersama.

Ayo Mengamati

Upacara Bendera

Setiap hari Senin SDN Nusantara 01 melaksanakan upacara bendera.
Siswa berbaris sesuai kelas Masing-masing.
Kelas dua berbaris satu barisan dipimpin seorang siswa.
Siti menjadi pimpinan barisan.
Siti dan teman-temannya sangat senang mengikuti upacara bendera.
Seusai kegiatan upacara bendera, ibu guru akan menyampaikan cerita.
Ibu guru akan mendongeng.
Siti dan teman-temannya bergegas masuk kelas.

Ayo Berlatih

Simak dan dengarkan dongeng yang akan disampaikan guru!

Ayo, dengarkan cerita fabel Ikan dan Burung

Ayo, dengarkan cerita fabel Ikan dan Burung!

Ikan dan Burung

Di sebuah hutan, hiduplah dua binatang yang  saling bersahabat. Binatang itu adalah Burung dan Ikan.  Keduanya sangat dekat dan selalu saling membantu. Kedekatan keduanya ini tidak terjadi begitu saja, melainkan melalui suatu kejadian yang  mengubah mereka. Ketika  itu, Ikan sedang beristirahat di pinggiran sungai. Ia memandangi biji-bijian di pohon tepat di atasnya.

“Kelihatannya biji-bijian itu enak dimakan,” kata Ikan dalam hati.

Ia lalu berusaha meloncat setinggi-tingginya untuk mendapatkannya. Berkali-kali ia meloncat, namun tidak berhasil mencapai biji-bijian itu.  Ia hanya bisa memandangi biji-bijian itu.  Saat sedang memandangi biji-bijian itu, perhatiannya teralihkan oleh  seekor Burung yang  berterbangan ke sana- kemari.

“Tuhan, kenapa Engkau tidak memberiku sayap untuk terbang agar aku  bisa meraih biji-bijian itu?“ kata si Ikan dalam hati.

Kita tinggalkan si Ikan dan beralih ke Burung. Setelah beterbangan, Burung lalu hinggap di salah satu dahan pohon di pinggir sungai untuk beristirahat. Saat itu ia melihat ke air. Di dasar air sungai itu ia melihat banyak sekali cacing bergeliatan.

“Kelihatannya cacing-cacing itu enak dimakan,” Kata  Burung dalam hati. Ia lalu berusaha masuk ke dalam air untuk menyelam dan menangkap

cacing-cacing itu.  Namun, ia tidak berhasil karena ia tidak bisa berenang.

Ia hanya bisa memandangi cacing itu dari  atas pohon. Saat sedang memandangi cacing-cacing di dalam air, perhatiannya teralihkan pada Ikan yang  sedang berenang di dalam air.

“Tuhan, kenapa Engkau tidak memberiku ekor  dan sirip  untuk berenang agar aku  bisa meraih cacing-cacing dalam air itu?” kata si Burung dalam hati.

Akhirnya Ikan dan Burung saling tahu kesulitan masing-masing. Berkali- kali si Ikan melihat Burung menyelam ke air untuk mendapatkan cacing.

Demikian pun  si Burung berkali-kali melihat Ikan meloncat-loncat untuk mendapatkan biji-bijian. Lalu mereka berkenalan.

“Hei Ikan, apakah kau  menginginkan biji-bijian ini?” kata Burung.

“Benar,  tetapi aku  tidak punya sayap sepertimu sehingga tidak bisa terbang mendapatkan biji-bijian itu,” jawab si Ikan.

“Aku juga menginginkan cacing di dasar sungai, tetapi aku  tidak punya sirip sepertimu sehingga tidak bisa mendapatkan cacing-cacing itu,” balas si Burung.

“Bagaimana jika kau  membantuku mengambil biji-bijian itu dan aku  akan membantumu mendapatkan cacing-cacing di dasar sungai,” ajak  si Ikan.

“Wow ide  bagus, aku  setuju,” sahut si Burung.

Akhirnya, Ikan dan Burung menjadi sahabat dan saling membantu.

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaanpertanyaan di bawah ini!

1.      Siapakah tokoh dongeng yang disampaikan guru?

Jawaban : Ikan dan Burung

2.      Di manakah tempat dari cerita tersebut?

Jawaban : Di pinggiran sungai

3.      Di manakah tempat hidup Cacing yang akan dimakan oleh burung?

Jawaban : Di dasar sungai

4.      Burung ingin membantu Ikan dengan cara …

Jawaban : mengambil biji-bijian

5.      Ikan ingin membantu Burung dengan cara …

Jawaban : menangkap cacing dasar sungai

6.      Setelah Ikan dan Burung berkenalan, maka mereka …

Jawaban : menjadi sahabat dan saling membantu

Ayo Berdiskusi

Ayo diskusikan tentang sikap hidup rukun di kelas! Tuliskan hasil diskusimu!

Sikap hidup rukun di kelas

Jawaban : Sikap  hidup rukun di kelas adalah menghormati, bekerja sama, gotong- royong dengan teman walaupun memiliki perbedaan karakteristik individu.

Tuliskan contoh sikap hidup rukun di kelas!

Jawaban : Contoh sikap hidup rukun:

1. Menolong teman yang  sakit

2. Menjalankan piket kelas

3. Melaksanakan upacara dengan tertib

4. Saling menghargai, dan lain-lain.

Membuat Kartu Pecahan

Siti dan teman-teman diberi tugas membuat kartu pecahan.
Masing-masing siswa membuat tiga kartu pecahan.
Siti membuat pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat.

Membuat Kartu Pecahan

Perhatikan gambar yang menunjukkan pecahan setengah berikut!

Fabel Ikan dan Burung Perhatikan gambar yang menunjukkan pecahan setengah berikut

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

  1. Perhatikan kumpulan gambar bangun berikut!
Fabel Ikan dan Burung Bangun warna biru dapat dinyatakan dengan pecahan

Banyak bangun di atas adalah  

Jawaban:  2

Bangun warna biru dapat dinyatakan dengan pecahan  

Jawaban:  1/2

  1. Perhatikan kumpulan gambar bangun berikut!
Fabel Ikan dan Burung Banyak bangun di atas adalah

Banyak bangun di atas adalah

Jawaban: 3

Bangun warna biru dapat dinyatakan dengan pecahan  

Jawaban: 1/3

  1. Perhatikan kumpulan gambar bangun berikut!
Bangun warna biru dapat dinyatakan dengan pecahan

Banyak bangun tersebut adalah

Jawaban:  4

Bangun warna biru dapat dinyatakan pecahan

Jawaban: 1/4

Ayo Berlatih

Pilihlah pecahan berikut sesuai gambarnya dengan memberi tanda centang (√)!

Fabel Ikan dan Burung Pilihlah pecahan berikut sesuai gambarnya dengan memberi tanda centang (√)


Ibu Guru sering menceritakan berbagai dongeng hewan.Banyak hikmah atau contoh perbuatan baik dari dongeng. Mereka dapat hidup rukun dan menjaga kebersamaan. Ibu Guru hari ini mengajarkan tari gerakan kijang.

Gerak Dasar Tari Kijang

Fabel Ikan dan Burung  Gerak Dasar Tari Kijang

Berlari-lari kecil ke arah depan dengan posisi tangan di kepala seperti tanduk.

Pandangan lurus ke depan.

Melompat ke kanan dan ke kiri. Posisi tangan lurus, jari membuka. Posisi badan membungkuk.

Menggerakkan tangan ke samping kanan dan kiri, posisi kaki jongkok seperti gambar.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan materi kita pada Bacaan Fabel Ikan dan Burung . Materi ini dapat kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 2 tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1. Agar kalian dapat lebih memahami materi ini. Kalian dapat men Dengan bantuan orang tua, siswa belajar mengenal pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat.

0

Materi Terkait


Tinggalkan komentar