Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 P1

Daftar Isi

sdonline.id – Halo anak-anak, rekan guru dan ayah bunda di rumah, kali ini sdonline akan membahas tentang pembelajaran 1 di kelas 4 tema 2  subtema 1  yang ada di Buku Siswa, sdonline akan membahas Sumber Daya Alam di Indonesia dari pertanyaan yang ada di dalamnya. Tentunya, jawaban buku siswa tersebut bukan jawaban mutlak namun bisa menjadi acuan bagi sobat sdonline baik anak-anak, rekan guru dan ayah bunda dalam mengajari anak-anak dalam belajarnya. Jawaban tersebut bisa dikembangkan sesuai dengan kondisi anak-anak, rekan guru dan ayah bunda di rumah.

Jawaban Buku Siswa Halaman 2

Sumber Energi

Energi sangat penting bagi kehidupan kita. Semua makhluk hidup membutuhkan energi. Tahukah kamu sumber-sumber energi yang ada?

Ayo, kita pelajari!

Matahari memiliki peran yang besar dalam kehidupan karena merupakan sumber energi terbesar di bumi. Panas matahari berpengaruh terhadap aktivitas manusia dan makhluk hidup lainnya di bumi.

Amatilah gambar berikut.

Jawaban buku siswa kelas 4
1. Apa yang diceritakan gambar tersebut?

Jawab : gambar diatas menceritakan tentang keluarga udin yang sedang beraktifitas di pagi hari. Udin berolahraga, ibu udin sedang menjemur baju, dan adik udin berjemur di bawah matahari pagi.

2. Berdasarkan gambar, dapatkah kamu menyebutkan apa saja manfaat matahari bagi keluarga tersebut? Mengapa demikian? Kemukakan alasanmu!

Jawab

a. Untuk kesehatan karena sinar matahari pagi membantu proses pembentukan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. 
b. Untuk mengeringkan pakaian, karena dengan bantuan sinar matahari cucian menjadi cepat kering. 
c. Untuk membantu tumbuhan menghasilkan oksigen.

3. Apakah kamu dapat menyebutkan contoh kegiatan lain tentang manfaat matahari bagi kehidupan kita sehari-hari?

jawab: 

a. Sebagai sumber panas utama bumi
b. Sebagai penunjuk waktu atau jam
c. sebagai sumber energy listrik tenaga surya
d. membantu pengeringan

Buatlah tulisan dengan menggunakan jawaban-jawabanmu di atas!

Jawab Matahari merupakan salah satu sumber energy terbesar bagi bumi. Matahari memiliki banyak manfaat bagi kehidupan di bumi antara lain sebagai penerangan utama bumi, sebagai penunjuk waktu, sebagai sumber energy listrik, membantu pengeringan, bermanfaat untuk kesehatan tulang, dan membantu tumbuhan untuk fotosintesis.

Pembahasan Materi

Pada pembahasan materi jawaban buku siswa kelas 4 ini, siswa diharapkan mampu mengetahui sumber energi dan menyebutkan manfaatnya salah satunya matahari yang bermanfaat bagi manusia antara lain sebagai sember panas, menjemur pakaian dan manfaat secara tidak langsung yaitu proses fotosintesis pada tumbuhan yang menghasilkan oksigen yang digunakan manusia untuk bernafas

Jawaban Buku Siswa Halaman 3

Beni ingin membuktikan panas bahwa matahari sebagai sumber energi yang penting untuk kelangsungan makhluk hidup. Ayo kita bantu Beni untuk membuktikannya! Lakukan percobaan ini di luar kelas!

  1. Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas.
  2. Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas ditempat panas sedangkan sisanya letakkan di tempat teduh.
  3. Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit!
Jawaban buku siswa kelas 4 (2) Sumber Daya Alam di Indonesia

Jawaban Buku Siswa Halaman 4

Apakah ada perbedaan antara benda-benda yang dijemur di bawah sinar matahari dan yang diletakkan di tempat teduh?

Jawabwan : Ya, terdapat perbedaan antara benda yang dijemur di bawah sinar matahari

Diskusikan dengan temanmu, apakah penyebab perubahan dan perbedaan tersebut!

Berdasarkan tabel pengamatan hasil percobaan, tuliskan paling sedikit empat kesimpulan mengenai pengaruh panas matahari pada percobaanmu.

Jawab:

  • Tisu, kertas, dan sapu tangan yang diletakkan ditempat terkena matahari lebih cepat kering.
  • Tisu di tempat terang lebih cepat kering dibandingkan kertas dan sapu tangan
  • Tisu, kertas,dan sapu tangan yang diletakkan di tempat teduh lebih lama kering
  • Panas matahari dapat mempercepat pengeringan benda

Laporan percobaan

Nama percobaan :

Uji Panas Matahari

Tujuan percobaan :

untuk membuktikan matahari sebagai sumber energi panas

Alat-alat :

Tisu, Kertas, Sapu Tangan

Langkah kerja :

  1. Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas.
  2. Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di tempat panas sedangkan sisanya letakkan di tempat teduh.
  3. Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit!

Kesimpulan :

Dari percobaan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa panas matahari membantu mempercepat pegeringan benda. Jadi panas matahari merupakan sumber energi.

Jawaban Buku Siswa Halaman 5

Kisah Ali Si Biji Energi

Aku Ali Si Biji Energi. Aku menanam biji-biji energi di sebuah ladang yang luas di peternakanku. Saat matahari bersinar ada energi pada cahaya matahari. Cahaya matahari membantu biji-bijiku tumbuh menjadi tanaman-tanaman yang tinggi. 

Tanaman-tanamanku menyimpan energi itu di dalam akar, batang, daun, dan butiran biji yang baru. Dengan segera, aku akan tumbuh tinggi dengan daun-daun yang lebar dan biji-biji yang baru. Kamu bisa memasak dan memakan aku supaya kamu memiliki energi. Energi itu akan membantumu tumbuh, bergerak, dan berpikir. Aku juga memberi makan hewan-hewan ternak dengan beberapa bagian dari tubuhku sehingga mereka tumbuh besar dan sehat.

Sekarang, temukan sebanyak-banyaknya manfaat energi matahari bagi makhluk hidup dalam bentuk peta pikiran di bawah ini! Sertakan gambar agar lebih menarik.

Jawaban buku siswa kelas 5 (3) Sumber Daya Alam di Indonesia

Jawaban Buku Siswa Halaman 6

Energi panas matahari adalah salah satu sumber daya alam yang melimpah. Tumbuhan, seperti jagung juga merupakan sumber daya alam yang harus dibudidayakan. Sumber daya alam tersebut diberikan Tuhan untuk umat manusia.

Sebagai sumber daya alam, jagung banyak dimanfaatkan oleh penduduk Indonesia. Salah satunya adalah dengan mengolah dan menjualnya.

Amati gambar berikut dan sampaikan hasil pengamatanmu kepada teman di sebelahmu!

jawaban buku siswa kelas 4 Sumber Daya Alam di Indonesia

Diskusikan pertanyaan berikut bersama teman sebelahmu!

Apa yang terjadi apabila permintaan terhadap jagung tinggi?

Jawab : saat permintaan jagung tinggi, maka jumlah jagung akan menjadi sedikit. Ketika stok sedikit maka harga jagung akan naik.

Apa yang harus dilakukan agar permintaan terpenuhi?

Jawab : yang harus dilakukan adalah meningkatkan produksi jagung agar kebutuhan permintaan dapat terpenuhi

Pembahasan Materi

Pembahasan jawaban buku siswa kelas 4 ini berisi materi tentang manfaat matahari bagi kehidupan makhluk hidup. Setelah siswa melakukan percobaan siswa akan mengetahui manfaat matahari bagi kehidupan yang di tuangkan dalam sebuah peta konsep. Pada materi ini juga membahas tentang peta konsep, sehingga siswa mampu membuat menggali informasi dan membuat peta konsep dari bacaan yang sudah dibacanya.Materi peta konsep akan kita perdalam dalam postingan berikutnya.

Jawaban Buku Siswa Halaman 7

Bacalah teks berikut untuk menambah pemahamanmu tentang sumber daya alam.

Indonesia memiliki sumber daya alam berlimpah. Disebut sumber daya alam karena berasal dari alam. Penduduk Indonesia dapat menikmati sumber daya alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Laut Indonesia terkenal karena ikannya. Lahan yang subur menghasilkan padi, jagung serta tumbuhan lainnya yang sangat berguna bagi penduduk. Gas bumi, minyak serta logam banyak memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sumber daya alam terbagi dua. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui. Sebagai anak Indonesia, kamu harus tahu apa yang termasuk ke dalam keduanya, dan apa dampaknya apabila kita kekurangan keduanya. Penggunaan sumber daya alam berlebihan akan memengaruhi kehidupan manusia. Kita harus menghemat penggunaannya.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui misalnya; tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin, dan air. Sumber tersebut termasuk kelompok sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena terus tersedia dan dapat kita kelola untuk kita perbanyak jumlahnya. Jumlah sumber daya alam ini sangat berlimpah. Agar sumber daya alam ini tetap tersedia, kita harus menggunakannya dengan bijak dan melestarikannya. Sumber daya alam ini sangat penting untuk dijaga keberadaannya.

Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai tambang termasuk ke dalam kelompok sumber daya alam tidak dapat diperbaharui. Mengapa demikian? Karena jumlahnya sangat terbatas. Untuk menghasilkan minyak bumi diperlukan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, kita harus hemat menggunakan sumber daya alam ini.

Setelah memahami sumber daya alam, jawablah pertanyaan berikut!

1. Berdasarkan teks, berikanlah masing-masing 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui.

Jawab

SDA yang dapat diperbaharui : tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin, dan air SDA yang tidak dapat diperbaharui : Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai tambang

2. Berilah 3 contoh lain (di luar teks) sumber daya alam yang dapat dan tidak dapat diperbaharui.

Jawab :

SDA yang dapat diperbaharui : tanah, ombak, pasang surut air laut SDA yang tidak dapat diperbaharui : batu bara, gas alam, 

3. Berikanlah contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam tersebut.

Jawab : penambangan minyak bumi, jual beli sayuran, jual beli barang tambang

4. Tulislah pendapatmu tentang kegiatan ekonomi tersebut. Apa saja dampaknya bagi kelestarian sumber daya alam tersebut? Apa yang harus dilakukan agar sumber daya alam tetap lestari?

Jawab : kegiatan ekonomi yang berlebihan dapat mengganggu kelestarian sumber daya alam tersebut, oleh karena itu kita harus bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam agar tetap tersedia.

Kesimpulan

Demikian pembahasan jawaban buku siswa kelas 4 tema 2 subtema 1 pembelajaran 1 yang sdonline berikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sdonline baik anak-anak, rekan guru dan ayah bunda sekalian

0

Materi Terkait


Tinggalkan komentar