Masa Pemerintahan Kolonial Inggris dan Belanda Kelas 5

Daftar Isi

Materi masa Pemerintahan Kolonial Inggris dan Belanda beserta kunci jawabannya adalah materi Kelas 5 Tema 7 subtema 1 pembelajaran 2 yang akan kita bahas kali ini ya Sobat sdonline. Materi ini adalah lanjutan dari materi peristiwa kedatangan bangsa barat dan sifat-sifat benda pada pembelajaran sebelumnya. Apakah sobat sudah mengetahui bagaimana situas masa Pemerintahan Kolonial Inggris dan Belanda? Supaya Sobat dapat lebih memahaminya, mari kita simak materinya bersama-sama.

Jawaban Masa Pemerintahan Kolonial Inggris dan Belanda Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Halaman 18

Ayo Membaca

Bacalah dan pahamilah bacaan berikut!

Peristiwa-Peristiwa pada Masa Pemerintahan Kolonial Inggris

Setelah berhasil menguasai Indonesia, pemerintah Inggris kemudian mengangkat Thomas Stamford Raffles sebagai Letnan Gubernur di Indonesia. Raffles memulai tugasnya pada tanggal 19 Oktober 1811.

Thomas Stamford Raffles
Thomas Stamford Raffles
Kebijakan di Bidang Ilmu Pengetahuan

1. Mengundang ahli pengetahuan dari luar negeri untuk mengadakan berbagai penelitian ilmiah di Indonesia.

2. Raffles bersama Arnoldi berhasil menemukan bunga bangkai sebagai bunga raksasa dan terbesar di dunia. Bunga tersebut diberinya nama ilmiah Rafflesia Arnoldi.

3. Raffles menulis buku “History of Java” dan merintis pembangunan Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor merupakan kebun biologi yang mengoleksi berbagai jenis tanaman di Indonesia bahkan dari berbagai penjuru dunia.

Kebijakan di Bidang Ekonomi

1. Menghapus contingenten penyerahan diganti dengan sistem sewa tanah (land-rente).

2. Semua tanah dianggap milik negara. Maka, petani harus membayar pajak sebagai uang sewa.

Upaya Raffles menerapkan sistem pajak tanah mengalami kegagalan karena faktor-faktor berikut.

1. Sulit menentukan besar kecilnya pajak bagi pemilik tanah karena tidak semua rakyat mempunyai tanah yang sama.

2. Sulit menentukan luas sempitnya dan tingkat kesuburan tanah petani.

3. Keterbatasan pegawai-pegawai Raffles.

4. Masyarakat desa belum mengenal sistem uang.

Kebijakan di Bidang Pemerintahan, Pengadilan, dan Sosial

Dalam bidang ini, Raffles menetapkan kebijakan berikut:

1. Pulau Jawa dibagi menjadi 16 keresidenan termasuk Yogyakarta dan Surakarta.

2. Setiap keresidenan mempunyai badan pengadilan.

3. Melarang perdagangan budak.

Peristiwa-Peristiwa pada Masa Pemerintahan Kolonial Belanda

Pada tahun 1595, Belanda berangkat dari Eropa di bawah pimpinan Cornelis de Houtman dan sampai di Indonesia pada tahun 1596 dengan mendarat di Banten. Sejak pelayaran de Houtman, banyak berdiri perusahaan-perusahaan dagang Belanda yang masing-masing memiliki kapal sendiri dan berlayar ke Indonesia.

Pembentukan VOC

Pedagang Belanda dengan didukung oleh pemerintahnya membentuk kongsi dagang yang bernama VOC (Vereenidge Oostindische Compagnie) pada tanggal 20 Maret 1602.

Lambang VOC
Lambang VOC
Tujuan VOC di Indonesia antara lain sebagai berikut.

1. Menguasai pelabuhan-pelabuhan penting.

2. Menguasai kerajaan-kerajaan di Indonesia.

3. Melaksanakan monopoli perdagangan rempah-rempah.

Pengalihan Kekuasaan VOC kepada Kerajaan Belanda

Memasuki akhir abad ke-18, kejayaan VOC mulai merosot.

Faktor internal yang menyebabkan kemerosotan VOC adalah sebagai

berikut.

1. Banyak pegawai VOC melakukan korupsi.

2. Sulitnya melakukan pengawasan terhadap daerah penguasaan VOC yang sangat luas.

Faktor eksternal yang menyebabkan kemerosotan VOC adalah sebagai berikut.

1. Meletusnya Revolusi Prancis menyebabkan Belanda jatuh ke tangan Prancis di bawah pimpinan Napoleon Bonaparte.

2. Penentangan oleh rakyat Indonesia terhadap VOC dalam bentuk peperangan yang banyak menyedot pembiayaan dan tenaga.

Pada tanggal 15 Januari 1808, Herman W. Daendels menerima kekuasaan dari Gubernur Jenderal Weise. Daendels dibebani tugas mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris karena Inggris telah menguasai daerah kekuasaan VOC di Sumatra, Ambon, dan Banda.

Sebagai gubernur jenderal, langkah-langkah yang ditempuh Daendels antara lain:

1. meningkatkan jumlah tentara dengan cara mengambil dari berbagai suku bangsa di Indonesia,

2. membangun pabrik senjata di Semarang dan Surabaya,

3. membangun pangkalan armada di Anyer dan Ujung Kulon,

4. membangun jalan raya dari Anyer hingga Panarukan sepanjang lebih kurang 1.100 km, dan

5. membangun benteng-benteng pertahanan.

Daendels menerapkan sistem kerja paksa (rodi). Daendels juga melakukan berbagai usaha untuk mengumpulkan dana dalam menghadapi Inggris, antara lain: mengadakan penyerahan hasil bumi, memaksa rakyat menjual hasil buminya kepada pemerintah Belanda dengan harga murah, mewajibkan rakyat Priangan untuk menanam kopi, dan menjual tanahtanah.

Jawaban Masa Pemerintahan Kolonial Inggris dan Belanda Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Halaman 22

Ayo Berlatih

Pahamilah bacaan di atas!

Buatlah perbandingan pelaksanaan pemerintahan kolonial Inggris dan Belanda.

Buatlah perbandingan dengan menggunakan prinsip: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!

Jawaban Pemerintah Kolonial Inggris dan Belanda Kelas 5 pembelajaran 2 subtema 1 tema 7
Jawaban Pemerintah Kolonial Inggris dan Belanda
1. Siapakah tokoh yang paling terkenal pada masa pemerintahan kolonial di Indonesia?

Jawaban: Inggris: Thomas Stamford Raffles

Belanda: Cornelis de Houtman, W. Daendels, Janssens, dan Van den Bosh

2. Di manakah daerah kekuasaannya?

Jawaban: Inggris: Daerah kekuasaan  VOC di Sumatra, Ambon, dan Banda

Belanda: Hampir seluruh wilayah Indonesia

3. Kapankah waktu pemerintahan kolonial di Indonesia dimulai?

Jawaban: Inggris: 1811–1816

Belanda: 1602

4. Kebijakan apa yang diambil selama pemerintahan kolonial berlangsung?

Jawaban: Inggris: • Sistem sewa tanah

• Pembagian wilayah Pulau Jawa menjadi 16 wilayah keresidanan

• Kerja rodi

Belanda:  • Penyerahan hasil bumi

• Tanam paksa

• Undang-undang agraria

• Kerja rodi

5. Bagaimana kondisi rakyat pada masa pemerintahan kolonial?

Jawaban: Inggris: Sangat menderita

Belanda: Sangat menderita

Jawaban Masa Pemerintahan Kolonial Inggris dan Belanda Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Halaman 23

Ayo Berdiskusi

1. Bentuk kelompok diskusi yang beranggotakan 3-5 siswa.

2. Lakukan diskusi kelompok mengenai permasalahan berikut.

a. Faktor-faktor pendorong terjadinya penjelajahan samudra bangsa-bangsa Eropa.

Jawaban:

– Mencari kekayaan (gold)

– Menyebarkan agama (gospel)

– Mencari kejayaan (glory)

– Perkembangan iptek

b. Ringkasan peristiwa dibentuknya VOC.

Jawaban:

Pedagang Belanda dengan didukung oleh pemerintahnya membentuk kongsi dagang yang bernama VOC (Vereenidge Oostindische Compagnie) pada tanggal 20 Maret 1602.

c. Kondisi rakyat Indonesia pada masa pelaksanaan tanam paksa.

Jawaban:

1) Jatah tanah untuk tanaman ekspor melebihi seperlima tanah garapan, apalagi jika tanahnya subur.

2) Rakyat lebih banyak mencurahkan perhatian, tenaga, dan waktunya untuk tanaman ekspor sehingga banyak yang tidak sempat mengerjakan sawah dan ladang sendiri.

3) Rakyat yang tidak memiliki tanah harus bekerja melebihi 1/5 tahun.

4) Waktu pelaksanaan tanam paksa ternyata melebihi waktu tanam padi (tiga bulan) sebab tanaman-tanaman perkebunan memerlukan perawatan terus-menerus.

5) Setiap kelebihan hasil panen dari jumlah pajak yang harus dibayarkan kembali kepada rakyat ternyata tidak dikembalikan kepada rakyat.

6) Kegagalan panen tanaman wajib menjadi tanggung jawab rakyat/petani.

Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas. Beri kesempatan kepada setiap anggota kelompok untuk berbicara atau menjawab pertanyaan dari kelompok lain.

Ingat, saat berbicara di depan kelas, pastikan suaramu cukup jelas terdengar. Bicaralah dengan kalimat yang teratur dan tidak terburu-buru.

Jika kamu telah selesai presentasi, mintalah satu orang temanmu untuk memberikan penilaian seperti dalam tabel di bawah ini. Kamu juga memberikan penilaian terhadap presentasi seorang temanmu.

Beri tanda (√) pada kolom sesuai dengan presentasi teman kamu.

Kriteria-kriteria dalam mempresentasikan materi di depan kelas
Kriteria-kriteria dalam mempresentasikan materi di depan kelas

Demikian materi tentang masa Pemerintahan Kolonial Inggris dan Belanda. Selanjutnya, kita akan mempelajari materi tentang peubahan wujud benda yang masih ada pada materi pembelajaran 2, subtema 1, tema 7.

0

Materi Terkait


Tinggalkan komentar