Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator Kelas 5 Tema 6

Daftar Isi

Penggunaan benda konduktor dan isolator beserta kunci jawabannya adalah materi kelas 5 Tema 6 subtema 3 pembelajaran 2 yang akan kita bahas kali ini ya Sobat sdonline. Materi ini adalah lanjutan dari materi sejarah termos. Sudahkah sobat memahami penggunaan benda konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari? Supaya Sobat mampu lebih memahaminya, mari kita simak materinya bersama-sama.

Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 148

Ayo Membaca

Selain termos, tentu kamu pernah melihat benda-benda di sekitarmu yang menggunakan bahan isolator dan konduktor dengan berbagai kegunaannya. Bacalah bacaan berikut yang disadur dari sebuah buku pelajaran elektronik ini dengan saksama.

Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator

Kamu sudah tahu, bahwa panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ingat kembali, apa yang dimaksud dengan konduksi, konveksi, dan radiasi? Pikirkan Bersama dalam kelompok kecil! Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Benda apakah itu?

Selimut bahan isolator
Selimut bahan isolator

Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini. Selimut memerangkap udara. Udara adalah isolator, sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat.

Panci bahan konduktor dan isolator
Panci berbahan konduktor dan isolator

Terbuat dari apakah panci? Panci terbuat dari bahan logam, misalnya aluminium. Aluminium merupakan penghantar panas yang baik. Panci akan menghantarkan panas ke makanan yang dimasak. Pegangan panci terbuat dari plastik. Plastik merupakan isolator sehingga kamu tidak akan kepanasan ketika memegangnya.

Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal. Karena itu, mesin dibuat dari bahan konduktor sebagai penghantar panas. Dari uraian di atas, kamu sudah tahu mana bahan yang bersifat konduktor dan isolator. Selain selimut, dan panci, tentu kamu dengan mudah menjumpai penggunaan benda yang bersifat konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari.

Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 149

Ayo Menulis

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.

Kalimat-kalimat yang mewakili isi paragraf bacaan Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator.

Jawaban:

Isi Paragraf 1

Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator.

Isi Paragraf 2

Selimut merupakan benda yang memanfaatkan udara sebagai isolator, sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu.

Isi Paragraf 3

Panci terbuat dari aluminium yang merupakan penghantar panas yang baik.

Isi Paragraf 4

Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan konduktor untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal.

Berdasarkan kalimat-kalimat yang mewakili isi bacaan yang telah kamu tulis, buatlah sebuah diagram yang akan menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan di atas. Gunakan diagram berikut untuk membantumu! Tuliskanlah kalimat-kalimat yang menjadi pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan, ke dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak tentu mewakili satu paragraf. Berilah keterangan hal-hal penting lain dalam paragraf yang mendukung pokok pikiran tersebut. Lakukanlah bersama dengan teman sebangkumu! Buatlah diagrammu pada tempat yang disediakan di bawah ini.

Diagram pokok pikiran dan hal-hal penting tiap paragraf dalam bacaan Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator.

Jawaban:

Pokok pikiran dan hal-hal penting paragraf 1

Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator.

Pokok pikiran dan hal-hal penting paragraf 2

Selimut merupakan benda yang memanfaatkan udara sebagai isolator, sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat.

Pokok pikiran dan hal-hal penting paragraf 3

Panci terbuat dari aluminium yang merupakan penghantar panas yang baik. Pegangan panci terbuat dari plastik yang merupakan bahan isolator.

Pokok pikiran dan hal-hal penting paragraf 4

Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan konduktor untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal.

Tuliskanlah pemahamanmu tentang isi bacaan dalam bacaan dalam tulisan satu paragraf berikut.

Jawaban:

Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Selimut merupakan benda yang memanfaatkan udara sebagai isolator, sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat. Panci terbuat dari aluminium yang merupakan penghantar panas yang baik. Pegangan panci terbuat dari plastik yang merupakan bahan isolator. Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan konduktor untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal.

Jelaskanlah diagram yang kamu buat! Jelaskan pada hubungan setiap konsep yang kamu temukan dalam bacaan tersebut di dalam kelompok kecil. Bandingkanlah hasil pekerjaanmu dengan yang dibuat temanmu yang lain. Lakukanlah diskusi ketika ada pertanyaan di dalam kelompokmu.

Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 151

Ayo Mengamati

Amatilah benda-benda yang ada di sekolah dan rumahmu. Gunakan tabel berikut untuk mengidentifikasi sifat hantaran benda tersebut dan kegunaannya. Lalu buatlah kesimpulannya!

Jawaban:

Mengidentifikasi sifat hantaran benda dan kegunaannya di sekolah.
Nama Benda/Alat di SekolahSifat HantaranKegunaan
Tombol lampuIsolatormenghidupkan dan mematikan arus listrik ke lampu
Papan tulisIsolatorTempat untuk menulis
Tiang benderaKonduktorTempat mengibarkan bendera
Bangku sekolahIsolatorTempat duduk siswa
Lonceng sekolahKonduktorUntuk penanda waktu masuk kelas, jam istirahat dan jam pulang
Jawaban mengidentifikasi sifat hantaran benda dan kegunaannya di sekolah
Mengidentifikasi sifat hantaran benda dan kegunaannya di rumah.
Nama Benda/Alat di RumahSifat HantaranKegunaan
Alas setrikaKonduktorMerapikan pakaian
Wajan penggorenganKonduktorMenggoreng atau memasak
Pegangan spatulaIsolatorMemegang spatula
SelimutIsolatorMenghangatkan tubuh saat tidur
Penanak nasiKonduktorMenanak nasi
Jawaban mengidentifikasi sifat hantaran benda dan kegunaannya di rumah

Presentasikan hasil pengamatanmu di dalam kelompok. Lalu, amatilah hasil pengamatan teman-teman pada kelompok. Catatlah hal menarik yang disampaikan teman-temanmu untuk memperkaya pengetahuanmu.

Buatlah kesimpulan terhadap kegiatan di atas.

Jawaban: Terdapat benda-benda dengan bahan konduktor maupun isolator di lingkungan sekolah maupun di rumah.

Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 152

Ayo Mengamati

Perhatikanlah kembali gambar yang telah kamu buat sebelumnya, tentang gambar bagian-bagian termos berdasarkan bacaan yang kamu baca. Apakah gambarmu menyerupai gambar di bawah ini?

Menggambar dengan menggunakan keterangan yang dibaca, merupakan salah satu kegiatan menggambar cerita. Apakah gambar cerita itu?

Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi gambar cerita antara lain untuk:

a. memperjelas alur atau isi cerita,

b. memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang,

c. menarik perhatian,

d. menambah nilai artistik/ keindahan,

e. sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya.

Gambar bagian-bagian termos
Gambar bagian-bagian termos

Gambar cerita sering juga ditemukan dalam buku cerita, majalah, dan buku pelajaran. Poster dan brosur juga sering disertai gambar cerita agar menarik. Petunjuk cara penggunaan barang pun sering dilengkapi dengan gambar cerita untuk membantu pengguna menggunakannya.

Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 153

Ayo Berlatih

Perhatikanlah gambar cerita berikut ini! Lengkapilah keterangan sesuai gambar cerita yang ditampilkan.

Di manakah kamu menemukan gambar cerita tersebut? Kesan apa yang kamu rasakan pada saat mengamati gambar ilustrasi tersebut?

Jawaban:

Gambar ke-2

Gambar cerita dari: Buku novel

Ceritakan kesan yang kamu tangkap dari gambar cerita: Menceritakan tentang seorang anak perempuan ingin mengungkapkan isi hatinya kepada Tuhan lewat sebuah surat.

Gambar ke-3

Gambar cerita dari: Poster

Ceritakan kesan yang kamu tangkap dari gambar cerita: Menceritakan seorang ibu yang membujuk anaknya untuk berani meminum obat.

Bersama dengan teman sekelompok, buatlah sebuah kliping dengan mengumpulkan gambar-gambar cerita yang ada di berbagai media. Carilah gambar-gambar cerita yang ada pada buku pelajaran, buku cerita, koran, majalah, brosur, dan poster yang ada di sekitarmu. Berilah keterangan asal gambar cerita dan kesan yang kamu tangkap dari gambar tersebut seperti contoh di atas.

Kesimpulan

Selesai sudah pembahasan materi kita pada Artikel Bacaan penggunaan benda konduktor dan isolator yang dapat kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2. Bagaimana, sobat sdonline sekarang sudah dapat memahami penggunaan benda konduktor dan isolator dengan lebih baik? Supaya Sobat sdonline dapat lebih memahami materi ini secara penuh, Kalian dapat berdiskusi dengan orang tua tercinta Kalian. Mintalah bantuan kepada kedua orang tua untuk mengamati penggunaan benda konduktor dan isolator di lingkungan rumah Kalian. Dan jangan lupa, tuliskan hasilnya pada buku tulis kalian ya! Semoga Bermanfaat dan persiapkan diri kalian mempelajari materi pembelajaran berikutnya tentang peran masyarakat terhadap lingkungan sosial budaya ya!

0

Materi Terkait


Tinggalkan komentar